Pages

Jumat, 01 Februari 2013

The Dreamers : Riza Efriyanti

This time I would like to share about some of my best friends. Some of the best. We met in Liansipi village when we were having KKN. We were together for one and a half months. 

We created a book that was released before one of us, Riza left Pontianak to take her master degree in Jogjakarta. The book entitled "The Dreamers". In this book, we wrote down about each other, about our strengths and flaws.

The one I'd like to share is my writing about them. Actually I also wanted to share what they wrote about me, yet I changed my mind. (It was all written in the original book).
Okay, check this one out. (Translated into Bahasa)



“RIZA EFRIYANTI (Zha)”
    
Cewek ini merupakan salah satu atlet Aeromodelling Kalbar. Cukup mahir pastinya. Sering juara dan udah banyak borong medali. Sebelumnya pasti pada tanya- tanya deh apaan itu Aeromodelling. Pertanyaan itu juga yang banyak muncul mengawali perkenalan aku sama cewek mandiri satu ini. 

Jadi, Aeromodelling itu ialah salah satu cabang atletik yang mengharuskan atlet nya maen pesawat- pesawatan. Intinya menerbangkan pesawat dengan kekuatan tangan. Tapi bukan pesawat beneran loh ya. Pesawat rakitan yang digunakan yaa emang khusus dirakit buat diterbangkan di cabang Aeromodelling. Nanti atletnya itu bakal muter- muter ditempat sambil megang tali kendali pesawat dan yang diukur adalah berapa lama atlet tersebut bisa mempertahankan pesawat di udara. Kebayang aja kan gimana pusingnya muter pesawat untuk diterbangkan.  Kurang lebih itulah yang Tia ngerti dari Aeromodelling (loh ini sebenarnya mau bahas Riza apa Aeromodelling sih.:P) 

Oke, jadi pas pertama kali kenal waktu KKN, satu hal yang muncul di pikiran Tia yaaah... ni anak cocok banget jadi anak Penjas. Body dan stamina nya mendukung banget. Rajin olahraga, pasti. Terbukti dialah yang selalu mimpin senam pagi kita tiap minggu waktu di Mandor. Gak tahu kenapa kalo dia yang mimpin bawaannya semangat aja. Nah itu dia salah satu kelebihannya Riza. Keberadaan dia dimanapun selalu bisa membawa dampak atau aura positif buat lingkungan sekitar. Dia yang selalu paling berani ngambil inisiatif dan buat keputusan, dia juga yang selalu jadi penengah di tengah- tengah konflik. Pokoknya wise banget nih anak. 

Selain itu, semangat kesetiakawanannya juga tinggi. Once you make friends with her, it is for a lifetime. And I don’t know why, since I knew her, it’s quite difficult for me to find her weaknesses. Agak susah nyari kekurangannya. Orangnya gak perhitungan, baiknya tulus, and rela ngelakuin apa aja buat sahabatnya. I feel lucky to know her. Dan satu lagi, dia itu orangnya gak “HAWE”. 

Yaah, istilahnya orang Pontianak itu “Hawe” means “Angen” or apa yaa kalo di Bahasa Indonesiakan? Ok, put simply, “PHP”. Tapi PHP disini bukan dalam masa Pedekate- an yaa. Maksudnya Riza gak suka PHP disini ini berarti kalo dia udah ngomong sesuatu atau ngajak sesuatu, itu biasanya pasti jadi. Jarang gak jadi, kecuali kalo memang ada halangan yang jelas. Once dia bilang A, yaah bakal kejadian tuh A- nya. Itu yang buat dia sangat bisa dipercaya. Dan itu juga yang buat dia sering diandalkan oleh temen- temennya. Itu juga salah satu hal yang Tia favorit kan dari dia. Gak gampang loh nemuin orang kayak gitu. Kebanyakan orang itu bisa nya ngomong doang tanpa ngebuktiin dengan tindakan nyata. Tapi Riza bukan tipe orang kayak gitu. Trust me.  

I feel lucky to meet her. Meeting her makes me know many things. Jadi banyak tahu hal baru terutama di bidang olahraga dan kesehatan. Berikut beberapa hal yang bikin Tia mulai mikirin soal pentingnya olahraga dan kesehatan.
  1. Tia dari dulu emang suka jogging tapi suka gak ada temen mau pergi jogging. Naah, di waktu KKN itu dia yang paling semangatin Tia buat jogging bareng. Karena dia itu suka mempengaruhi orang, alhasil jadi rame yang mau ikutan jogging. Tia inget pengalaman pertama jogging waktu di Mandor itu berhasil menggerakkan Mas Agung, Tia, Ulan dan Eka buat menyusuri jalan setapak Mandor. Dan seneng banget.
  2. Dia itu rajin minum jamu, jadinya Tia juga terpengaruh deh ikutan minum jamu juga. Walaupun beda sih merk jamunya. Yang sering diminum Riza itu kunyit asam sirih sedangkan Tia minumnya kencur doang. Agak kontras banget yaah. Well, body size determines jenis jamu dong yaa. Tia kan pengen gemuk, makanya minumnya kencur aja. And gak berani aja minum yang laen- laen. Hihihhi
  3. Tia jadi tahu kalo habis begadang itu paginya gak boleh jogging karena aktivitas yang memompa jantung bekerja lebih keras di pagi hari bisa mengakibatkan jantung berhenti seketika. Wah seram banget ya. Iya jadi ceritanya waktu itu Tia, Eka and Dita nginep dirumahnya Riza, sok- sokan pajamas party gitu. Alhasil, tau lah yaa kalo udah pada ngumpul banyak aja yang mau diceritain. Saking keasikannya cerita kita waktu itu melek sampe hampir jam 3 subuh. Padahal sebelumnya kita emang udah punya planning buat jogging paginya. Keesokan paginya keluarlah nasehat ini dari mulut Riza. Tapi kaminya tetep pergi ke GOR sih, yang pastinya buat nyari sarapan, bukan buat jogging. :3
  4. Tia jadi nemuin guru berenang yang cocok banget. Beberapa pengalaman mengatakan kalo Tia di air, kaki itu udah kayak ikan asin yang dijemur berhari- hari gak diangkat- angkat, atau sapu ijuk yang udah keseringan dipake sampe keras banget. Nah, mereka membahasakan itu “kejong”, istilah buat kaki Tia kalo udah di dalam air, artinya kaku banget, gak bisa fleksibel dan jauh banget dari kaki perenang seharusnya. Dengan Tia mengenal Riza, finally Tia bisa mengurangi kekejongan kaki. Untung ada Eka juga sih yang mengusulkan ide ini. Hampir lupa kalo punya temen yang jago renang dan sayang banget kalo ilmunya disia- siakan. Jadilah kami ini (Eka juga gak bisa berenang, red.) ngajak (maksa) Riza buat ngajarin kami berenang. As a swimmer and a teacher, dia itu lihai banget. Walaupun renang nya udah jago ibarat paus di film Free Willy, tetep aja Riza itu sabar banget melatih kemampuan renang kami berdua. Dia juga ngerti kesulitan apa yang buat kami atau lebih spesifiknya “Tia” susah banget berenang. Tia itu ternyata punya satu permasalahan dasar, “takut”. Gila aja Tia gak mau banget tiap disuruh Riza buat ngelatih naikin kaki dan gak hanya berdiri di dasar. Susah Zaa, Tia dulu pernah punya pengalaman buruk di air dan trauma nya masih berasa sampe sekarang Dulu itu waktu SD, Tia pernah hampir tenggelam waktu main di sungai di Manokwari bareng temen- temen. Semenjak itu lah takut banget karena selalu kebayang- bayang soal “kelelep”. Riza akhirnya ngelatih cara nya mengatur pernapasan di dalam air dan dengan sabar nya megangin Tia biar bisa naikin kaki dan melatih agar tidak terjadi “kekejongan kaki”. Sabar banget dia. Riza berharap suatu saat ketika tiba saatnya kita bisa liburan bareng ke Jogja nanti, kami harus udah bisa berenang semua. Aamiin.
  5. Dulu waktu masih di Mandor, Riza ini suka ngajakin orang sit- up buat ngecilin perut supaya gak buncit. Makanya dia itu suka banget mensosialisasikan sit- up buat ngecilin perut. Sedikitnya, 50 sit- up per hari bisa membantu mengurangi kebuncitan. Dulu itu dia paling rajin ngajakin si Tiara buat sit- up. Tia sih gak ikutan, secara Tia gak mahir tuh yang begituan. Kalo jogging boleh deh, tapi kalo yang lain, Tia mundur. 


0 komentar:

Posting Komentar